Monday, April 22, 2013

surat At Tahrim ayat 6 ,,



Surat At Tahrim(66): 6
Dalam surat At Tahrim ayat 6 di jelaskan :
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai ( perintah ) Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”,

Dalam surat at tahrim ayat 6 ini Allah SWT memerintahkan umat manusia yang beriman kepada allah dan Rasul-Nya, agar mereka tetap menjaga dirinya dari api neraka yang bahan bakarnya terdiri atas manusia dan batu. Yang dimaksud dari bahan bakarnya dari manusi adalah manusia-manusia yang durhaka dan membangkan kepada Allah SWT, serta batunya adalah batu terpanas di dunia yaitu batu uranium.
Cara menjaga dirinya dan keluarganya diantaranya dengan taat melaksanakan perintah dan menjauhkan larangannya.
Selain itu cara lain untuk selamat dari kobaran api neraka adalah dengan menyerukan kepada mereka untuk selalu mendirikan sholat 5 waktu dan bersabar, serta mengingatkan keluaraga untuk patuh kepada ajaran agama. Yang dimaksud keluarga dalam ayat ini diutamakan adalah anak. Peran orang tua sebagai pendidik utama anak harus senantiasa mengajarkan kebaikan.mendidik dan mengingatkan untuk beribadah sesuai syariat islam. Serta Orang tua harus memberikan pelajaran dan pendidikan , baik pendidikan agama, moral, dan umum.
Dari QS At Tahrim : 6, kita dapat mengambil pelajaran bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawab di antaranya :
1.             Menjaga dirinya agar selamat dunia dan akhirat
2.           Menjaga keluarganya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang dapat membawa kesengsaraan dunia dan akhirat
3.           Mendidik anak-anak kiata agar senantiasa tetap belajar sesuai agama dan menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan bertakwa.

No comments:

Post a Comment