Tuesday, April 9, 2013

Keterkaitan surat Al - Alaq ayat 1-5 dengan ideology pendidikan islam


“ Dengannama Allah Maha pengasih Maha penyayang.(1) Bacalah(nyatakanlah) dengan nama TuhanMu yang telah menciptakan (segala sesuatu ini). (2) Yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah beku.(3)Bacalah (umumkanlah !) dan Tuhan Mulah yang Maha pemurah. (4) yang mengajarkan dengan pena.(5) mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Lima ayat pertama surat Al-Alaq inia dalahayat-ayat al quur’an yang pertama kali diturunkan sebagai rahmat dan panggilan Allah SWT  yang pertama kali dihadapkan kepada Nabi SAW.
Dalam surat Al-alaqayat 1-5 ini Allah menyuruh Nabi Muhammad SAW agar membaca, sedang beliau tidak pandai membaca dan menulis, maka dengan kekuasaan allah ini beliau dapat mengikuti ucapan jibril. Dan Allah akan menurunkan kepadanya suatu kitab yang akan menjadi pettunjuk bagi manusia.

Ideology pendidikan islam dalam surat Al-Alaqayat 1-5 adalah pentingnya membaca dan menulis ,karena membaca adalah kunci dari ilmu pengetahuan.dan dengan menulis dapat membantu dalam mengingat serta mewariskan ilmu pengetahuan.Berdasarkan surat ini tujuan pendidikan islam harus di arahkan agar manusia memiliki kecerdasan dan tanggung jawab sebagian makhluk yang harus beribadah kepada Allah, dan mempertanggung jawabkan perbuatannya di akhirat kelak.
Ideology pendidikan islam yang di dapat dari surat Al-Alaqayat 1-5 adalah sebagai berikut :
  • 1.  Sumberilmu ;
Surat Al-Alaq berisi penjelasan tentang kekuasaan allah, bahwa sanya ia berkuasa menciptakan manusia. Apapun yang ada di alam semesta ini dapat dijadikan sebagai sumber ilmu.Ilmu dibagi 2 macam, yaitu
a)      Ilmu yang langsung dari Allah SWT ;ilmu yang langsung di berikan allah seperti penemuan sebuah pulau, lampu, dan penelitian lainnya.
b)      Ilmu yang tidak langsung diberikan Allah ,ilmuyan di maksud tidak langsung di sinilah dalahilmu yang didapat tetap di peroleh dari Allah tapi sudah melalui perantara seperti melalui guru yang mengajar, ilmu tersebut tidak di terima secara langsung dengan penemuan atau penelitian. Tapi di ajarkan secara turun - menurun.
  •  2. Belajar ;
Dalamsurat Al-Alaqayat 1-5 dimaksud belajar adalah dengan membaca dan memahami, dengan membaca manusiaakan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, dengan belajar manusiaakan mendapatkan derajat yang lebih baik karena adanya pengetahuan , dan dengan belajar manusiaakan menjadi lebih berkualitas, baikdalam agama dan akhirat maupun dalam kehidupan dunia.
Semua ilmu yang dipelajari di perbolehkan dengancatatan tidak melanggar nilai-nilai, dan aturan ajaran Allah SWT.

  • 3.  Membaca;
Dalam ayat ini terbukti tentang tingginya nilai membaca, dengan membacaakan memperoleh pengetahuan. Dalam pendidikan .Membaca sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh manusia. Karena membaca adalah kunci dari segala pengetahuan.

  • 4.  Materi yang dibaca;
Surat al-alaq berisi penjelasan tentang perintah membaca kepada Nabi Muhammad SAW dalam arti selua-luasnya.Yaitu membaca ayat-ayat yang tersurat dalam al-qur’an dan yang tersirat dalam jagatraya. Jika membaca ayat-ayat yang tersurat dalam al-qur’an maka akan memperoleh ilmu alam ,membaca apa yang tersirat dalam jagatraya maka akan memperoleh ilmu alam, dan jika membaca ayat allah yang tersirat dalam diri manusia dan lingkungan social maka akan menghasilkan ilmu social.
Dengan demikian akan terjadi integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, dan keduanya di arahkan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

  • 5.  Cara yang dipakaiuntukmembaca/metode;
Manusia adalah makhluk yang di muli akan oleh Allah dan memiliki berbagai kecenderungan, maka di perlukan metod dalam pendidikan .dan metode tersebut harus di dasarkan ada sifat-sifat kemanusiaanya, dan menggunakan berbagai cara yang sesuai dengan kecenderungannya, serta tetap sesuai dengan ajaran Allah SWT.

  • 6.      Alat/ fasilitas yang digunakan untuk membaca;
Dalam surat al-alaqayat 1-5 ini yang dimaksud alat untuk membaca adalah kalam, namun kalam yang di maksud pada ayat ini tidak terbatas hanya pada arti alat tulis yang biasa digunakan oleh para santri-santri di lembaga-lembaga pendidikan tradisonal., melainkan juga mencangkup berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai informasi, mengakses dan menyalurkan secara cepat, tepat dan akurat, seperti halnya computer, internet, faximile, micro vilm, video compact disk(vcd) , dsb.

Allah memberikan limpahan karunia yang tidak terhingga kepada manusia. Allah lah yang mengajarkan Nabi-nabinya membaca dan Allah jugalah yang mengajarkan manusia berbagai ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi manusia, yang menyebabkan manusia lebih utama dari makhluk lainnya, sedangkan manusia pada permulaan hidupnya tidak mengerti apa-apa.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment